Friday, July 13, 2012

SOP Harus Disosialisasikan Kepada Seluruh SDM

Sosialisasi SOP amat penting dilakukan agar para pelakunya mengerti dan faham, karena tanpa itu akan banyak sekali terjadi peluang kesalahan ketika melakukan intruksi pekerjaan yang ada dalam SOP tersebut oleh karena perbedaan persepsi dan pemahaman baik antara sesama pelaksana maupun antara atasan dan bawahan.

Dalam proses sosialisasi SOP diperlukan keterbukaan diantara penyampai dan peserta, karena tentu setiap peserta akan memiliki daya tangkap dan cara pandang yang berbeda, di forum itulah tempat yang paling tepat untuk memastikan SOP yang dibuat benar- benar clear bisa dengan mudah di mengerti oleh pengguna sehingga tidak ada lagi permasalahan di belakang.

Seringkali para perusahaan mengabaikan tahap yang satu ini, ketika SOP selesai dibuat langsung di-simulasikan tanpa di-sosialisasikan terlebih dahulu, sehingga menutup pintu pertanyaan dan timbal balik dari pelaku. Padahal yang akan melaksanakan SOP itu semua adalah pengguna itu sendiri dan akan berdampak pada kemajuan dan perkembangan bisnis perusahaan.

Baiknya, dalam melakukan sosialisasi SOP dimulai dari level manajemen, yaitu level direktur dan manajer, jika di level ini sudah clear selanjutnya bisa dilanjutkan sosialisasi ke level midle manajemen, dan ke level pelaksana/staff ke semua tingkatan.

Artikel Terkait:

2 comments:

  1. pak, mw tanya. kumpulan sopnya terdiri dari apa saja ya. mohon infonya pak. itu harganya 200.000 ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa paket dan donasinya. Detailnya di link berikut: http://www.contohsop.com/2012/07/order.html

      Delete

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.