Friday, July 13, 2012

SOP Memastikan Kualitas Layanan dan Produk

SOP Mampu Memastikan Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Kualitas Pengendalian yang terbaik.

Pengetahuan dan kemampuan manajemen untuk membuat SOP merupakan modal besar untuk memperbesar dan mempertahankan bisnis, oleh karena sop sifatnya selalu update akan selalu berubah sesuai perubahan lingkungan, disinilah pentingnya para karyawan memahami sop terutama bidangnya.

Waralaba atau franchise merupakan usaha yang sistemnya sudah teruji, sistem yang dimaksud disini adalah sistem oprationalnya, mulai prosedur penentuan lokasi, perekrutan karyawan, tata letak ruang, layanan konsumen, proses produksi, sampai prosedur pengunduran diri/ pemecatan karyawan. Sistem yang sudah terbukti dan teruji ini tentu nilainya mahal karena proses pembuatannya perlu waktu berbulan-bulan bahkan bertahun tahun, telah menempuh berbagai percobaan yang berulang-ulang, artinya tenaga dan biaya yang dikeluarkan besar tentunya. Sistem yang teruji ketika diduplikasi menjadi sebuah cabang baru, tentu akan menghasilkan kualitas pelayanan dan produk yang sama persis.

Inilah keajaiban sistem waralaba/franchise dalam perkembangannya, dimana sistem yang sudah teruji dan terbukti mampu menjadi mesin uang ujung-ujungnya pasive ingkam. Para investor sangat tertarik karena mereka akan memuali bisnis tidak perlu dari awal, konsep dan aturannya sudah dibakukan, resiko yang akan mereka hadapipun sangat minim karena mereka menjalankan sistem yang sudah teruji, hanya saja jika ingin bisnisnya masuk ke level setara franchise dia harus menjalanan Standar Oprational Prosedur (SOP) yang telah diwariskan, begitu mudah dan simple.

Yang perlu di ingat adalah, untuk mendapatkan keunggulan sistem franchise maka satu-satunya cara adalah melaksanakan sepenuhnya 100% konsep SOP.mengapa demikian? karena SOP mampu memastikan kualitas pelayanan, kualitas produk, dan kualitas pengendalian yang terbaik.

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.