Tuesday, October 16, 2012

Seri Keunggulan Usaha ber-SOP: Usaha Lebih Efisien (#2)

Dalam artikel sebelumnya kita bahas seri Keunggulan Usaha ber -SOP yang pertama adalah yang bersistem pasti Lebih Rapi.
Nah!.. Keunggulan yang kedua adalah, Usaha yang bersistem yang memakai SOP itu pasti Lebih Efisien dibandingkan deng an usaha yang dikelola apa adanya.

Bayangkan jika kita mengelola usaha yang tidak tertata rapi, lalu bandingkan jika mengelola usaha yang semrawut?
Saat kita masuk minimarket modern, kita bisa berbelanja dalam hitungan menit. Kita bisa mengambil barang secara cepat dan transaksinya juga cepat. Kalaupun dibutuhkan bantuan pramuniaga ia hanya membutuhkan waktu singkat untuk mencari barang di gudang dan menyerahkannya pada kita.

Sebaliknya, di warung kelontong konvensional, kita harus menunggu antrean karena pemiliknya sedang melayani pembeli lainnya. Saat membutuhkan barang, si pemilik harus mengambilkan terlebih dahulu. Transaksi tidak bisa cepat, belum lagi bila tidak punya kembalian, ia harus menukar uang terlebih dahulu ke warung tetangga.

Seorang pengusaha konvensional membutuhkan waktu 5 menit untuk menyelesaikan satu kali transaksi. Sedangkan pramuniaga modern hanya membutuhkan 2,5 menit dalam satu transaksi. Mana yang lebih untung?

Minimarket modern lebih berpotensi mendulang keuntungan lebih banyak. Dalam 5 menit ia bisa melayani dua kali transaksi, sedang usaha konvensional baru sekali transaksi.

Jika dibuat sunguh-sungguh, sistem operasional (SOP) itu bisa meningkatkan efisiensi usaha Anda. (Alim Mahdi)

****************
Anda ingin buat SOP? Kami bisa membantu Anda....!!! Hubungan: www.contohsop.com HP: 08124683055. Tersedia juga Kumpulan contoh-contoh SOP!

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.