Friday, October 26, 2012

Seri Keunggulan Usaha Ber-SOP: Menjadi Magnet, Potensi Untung Lebih Besar (#IV)

Keunggulan ke-empat dari Usaha yang bersistem atau yang mempunyai SOP (Standard Operating Procedure) yang baik adalah usaha kita menjadi Magnet Konsumen sehingga potensi untung jauh lebih besar jika dibandingkan usaha konvensional.

Siapa yang tidak suka tempat usaha yang bersih dan wangi? Ditambah transaksi yang mudah. Tentu kita tidak suka makan di tempat yang jorok. Coba tanyakan pada setiap diri kita. Suka berbelanja di tempat yang menyulitkan kita mendapatkan barang atau di tempat yang memudahkan kita mendapatkan barang belanjaan?

Yakinlah, setiap orang pasti lebih suka makan di tempat yang bersih dan higienis. Kita juga lebih suka berbelanja di tempat yang memudahkan kita memperoleh barang. Jika demikian, lantas mengapa kita masih memiliki tempat usaha yang jorok atau menyulitkan pelanggan mencari barang yang mereka inginkan?

Kini, minimarket-minimarket modern telah menjadi magnet dan daya tarik bagi diri mereka, kita tidak dapat menyalahkan mereka. Konsumenlah yang datang kepada mereka, bukan karena memaksa konsumen belanja di tempat usahanya.

“Barang siapa mampu menyajikan yang terbaik, maka konsumen akan mendatanginya dengan sukarela. Barangsiapa tidak sungguh-sungguh menyajikan yang terbaik, maka upayanya memaksa konsumen mendatanginya hanyalah mimpi belaka”. (Ekotama)

Jarang dipikirkan orang, strategi mendatangkan konsumen dengan menyebarkan brosur, bayar mahal iklan, dan voucher diskon besar-besaran adalah trik lama yang tidak bertahan dalam jangka lama. Strategi yang bertahan dalam jangka panjang adalah menciptakan sistem bagi tempat usaha kita agar konsumen merasa nyaman dan aman berbelanja di tempat kita.

Iklan tidak bisa dijadikan magnet  yang dapat menarik konsumen berbelanja sepanjang masa. Magnet konsumen tergantung pada tempat usaha dan produknya.

Akhirnya kita tahu, jika kita bicara tempat usaha, satu-satunya cara mempercantik tempat usaha adalah menciptakan sistem operasional yang mempermudah karyawan maupun konsumen melakukan transaksi.

Boleh-boleh saja, menghambur-hamburkan uang untuk memasang iklan yang hanya memenuhi rasa ingin tahu pembaca, tetapi belum tentu dapat membuat konsumen tahu dengan sendirinya. (Alim Mahdi - 5senMedia Konsultama)

*****
Anda butuh SOP! Atau butuh jasa konsultan SOP!
Tersedia juga kumpulan contoh SOP, JobDesc dan Peraturan perusahaan.
Hubungi:  5senMedia Konsultama | Hp. 08124683055 | PIN BB: 2A58EDB0

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.