Wednesday, February 13, 2013

Seri Keunggulan SOP: Usaha Lebih kompetitif (#3)


Oleh karena rapi, efisien, dan berkualitas baik, usaha bersistem (ber-SOP)selalu lebih kompetitif di bandingkan usaha konvensional. Yang dimaksud lebih konpetitif adalah jauh lebih mampu memenangkan persaingan disbanding pelaku usaha lainnya. Tertarik ? pasti. Siapapun yang memiliki usaha pasti ingin selalu memenangkan persaingan. Jadi, pertanyaannya: Apakah bersaing itu sulit ? lihat saja kehadiran minimarket atau supermarket yang dalam sekejap mata dapat bisa menarik para konsumen untuk berbelanja dan membuat mereka lupa terhadap toko kelontong langganannya.

Ternyata bersaing itu tidak sulit kan? Jika kita mampu melahirkan system yang membuat usaha kita rapi, efisien, dan berkualitas baik, itu sudah cukup sebagai senjata untuk memenangkan persaingan. Jadi, kita tidak perlu menggunakan cara-cara tidak sehat bahkan di luar akal sehat.

Dari cerita ayam system Indonesia versus ayam system Amerika atau cerita warung kelontong versus minimarket, kita bisa menilai siapa yang lebih kompetitif. Jadi, jangan membenci usaha-usaha modern yang tumbuh di lingkungan kita. Mereka bisa eksis karena telah menciptakan system yang lebih unggul disbandingkan usaha milik tetangga kita atau mungkin usaha milik kita. Hargailah kerja keras mereka dan akuilah kalau kita ketinggalan zaman.

Jadi, hati-hati dengan kompetisi. Banyak orang terjebak untuk mengalahkan pesaing. Tujuannya adalah meniadakan pesaing. Betulkah demikian? Yang jelas, upaya seperti ini hanya akan menggerogoti anggaran. Kita hanya membuang-buang waktu untuk mengurusi oranglain (pesaing kita). Mengapa kita tidak berfokus untuk memperbaiki kinerja sehinggsa memiliki daya saing yang lebih kuat disbanding pesaing ? hanya sedikit orang yang mampu berpikir seperti ini. Namun saya yakin, anda salah satunya.
 

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.