Tuesday, March 31, 2015

Bagaimana Membuat dan Menyusun Proposal Usaha

Bagaimana Membuat dan Menyusun Proposal Usaha
Bagaimana menyusun sebuah Proposal Usaha? Yang harus kita pahami bahwa isi Proposal usaha adalah untuk menjelaskan profil usaha yang akan dikembangkan oleh seorang wirausaha atau pengusaha. Oleh karena itu, setiap aspek dalam dokumen proposal usaha harus dijelaskan dengan sebaik-baiknya, sehingga  mampu menggambarkan semua unsur, baik internal maupun eksternal mengenai usaha yang dimaksud. Dapatkan Contoh Bisnis Plan dan Proposal Usaha di sini!!!

Proposal berarti juga Business Plan atau rencana bisnis ke depan dalam menarik investor atau penyandang dana seperti pengajuan Kredit Bank.  Karena rencana usaha dapat menyatakan keyakinan seorang pengusaha akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan sehingga menarik menarik bagi investor dan penyandang dana.

Di sisi lain Bussiness plan disusun karena merupakan legitimasi dari sebuah usaha yang akan dijalankan. Pengertian lain menyebutkan bahwa bussiness plan adalah selling document yang mengungkapkan prospek dan harapan sebuah bisnis masa datang kepada penyandang dana potensial.

Seorang wirausaha harus membuat rencana bisnis atau proposal usaha yang berisi tentang informasi lengkap mengenai usaha yang sedang atau akan dijalankan, serta jumlah modal yang diperlukan bila ingin mendapatkan pinjaman modal.

Manfaat lain dengan adanya perencanaan usaha adalah pengusaha memiliki arah atau tujuan yang jelas, kegiatan usaha menjadi lebih tertib dan teratur, meningkatkan efisiensi biaya, pekerjaan menjadi efektif, serta sebagai alat evaluasi atau pengawasan kinerja perusahaan. Karena itu sangat penting bagi pengusaha bagaimana cara membuat dan menyusun Proposal Usaha dengan baik dan benar.


http://www.contohsop.com/2015/03/paket-101-contoh-business-plan-proposal.html

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.