Sunday, March 29, 2015

Contoh Job Description Kepala Toko yang mengelola Toko

Contoh Job Description Kepala Toko yang mengelola Toko
Anda berminat untuk membuka minimarket? Jika iya, maka Anda harus mempelajari job description kepala toko untuk memenej minimarket atau toko Anda agar bisa berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Pemenuhan karyawan yang kondusif dan tepat akan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan menciptakan iklim kerja yang sangat berpotensi terhadap minimarket. Sehingga keadaan tersebut bisa membawa perusahaan Anda mencapai keuntungan maksimal.

Selain keberadaan kasir, tonggak penting kesuksesan juga terletak pada job description kepala toko yang dilaksanakan dengan baik dan terarah. Ada beberapa hal seorang kepala toko yang Anda pilih harus ikut terlibat dalam tahap praoperasional toko, yakni masa-masa persiapan sebelum pembukaan toko. Misalnya, mengkoordinasikan kedatangan barang dan mengatur display barang, mengecek barang dan peralatan yang dibutuhkan oleh toko selama pengoperasian, melakukan training bagi kasir-kasir dan karyawan-karyawan baru lainnya.

Contoh job description kepala toko meliputi berbagai hal seperti di bawah ini.
1. Melakukan brifieng, memberikan motivasi kepada karyawan hingga melakukan evaluasi kerja karyawan.
2. Menegaskan job description masing-masing karyawan sesuai dengan jabatan yang diembannya.
3. Mengkoordinasi karyawan toko terutama kasir, untuk mengecek barang-barang yang stoknya menipis dan men-display barang serapi mungkin agar sedap dipandang.
4. Melakukan pengecekan stok barang secara berkala, baik dengan sistim manual maupun melalui komputer, serta menyesuaikan barang fisik dengan barang sesuai stok komputer.
5. Mengecek stok barang di gudang.
6. Melakukan pengorderan barang-barang yang stoknya mulai menipis.
7. Mengecek barang datang dari suplier
8. Mengatur barang-barang rusak atau kadaluarsa dan melampirkannya laporannya pada barang return agar bisa ditukar atau dikembalikan kepada suplier barang tersebut.
9. Melakukan pengecekan terhadap kondisi barang dan kebersihan minimarket secara keseluruhan, mulai dari depan, gudang, hingga kamar mandi.
10. Memberi contoh pelayanan yang baik kepada konsumen atau pelanggan
11. Merencanakan kegiatan promosi.
12. Menyusun laporan penjualan harian dan bulanan.
13. Mengelola SDM di dalam minimarket dengan baik.
14. Bertanggung jawan atas pencapaian target dan pengendalian biaya operasional minimarket, meliputi listrik, biaya pembelian peralatan atau perlengkapan, dan lain sebagainya.
15. Bertanggung jawab kepada atasan atau pemilik minimarket.

Contoh job description kepala toko tersebut harus dipahami oleh pemilik toko dan juga kepala toko agar bisa mencapai target minimarekt seperti yang diharapkan. Keberadaan kepala toko sangat menentukan karyawan-karyawan di bawahnya. Bila kepala toko kurang bertanggung jawab terhadap job description kepala toko yang ada, maka bisa jadi, lingkungan kerja yang kondusif tidak tercipta dan bisa menimbulkan suasana kurang nyaman bagi pelanggan yang berkunjung. Ingat, pada sebuah minimarket, kenyamanan suasana sebuah minimarket bisa dirasakan oleh pelanggan yang datang. minimarket yang kurang kondusif membuat pelanggan kurang betah belanja di sana, dan enggan untuk kembali lagi. selain itu, kepala toko juga memiliki peran yang penting akan prestasi yang didapatkan oleh minimarket tersebut.

Contoh Job Description Perusahaan


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.