Sunday, March 29, 2015

Contoh Job Description Kurir yang Perlu Dipahami sebelum Membuka Jasa Pengiriman Barang

Contoh Job Description Kurir
Ini tentang Contoh Job Description Kurir. Mungkin Anda sering menerima barang yang diantarkan oleh seorang petugas dari sebuah perusahaan ekspedisi? Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan jasa petugas dari sebuah perusahaan ekspedisi tersebut. Iya, mereka adalah seorang kurir yang senantiasa mengantarkan barang ke alamat-alamat pemesan barang yang akan ia antarkan. Kalau kita menelusuri jejak-jejak masa kecil kita, maka pastilah di antara kita dan teman-teman yang lainnya, tidak ada yang terbesit dalam pikirannya untuk bercita-cita menjadi seorang kurir atau pengantar barang di masa depan nanti. Banyak orang yang menganggap bahwa menjadi kurir kurang memiliki prestise yang tinggi dan seringkali diabaikan dan dipandang sebelah mata oleh masyarakat luas. Padahal, menjadi seorang kurir tidaklah serendah itu.

Menjadi kurir tentunya tidak mudah selain harus memiliki tanggung jawab dan kejujuran, seorang kurir juga harus selalu bugar mengingat pekerjaannya yang membutuhkan kekuatan fisik yang kuat. Ada beberapa contoh job description kurir yang harus dipenuhi oleh karyawan yang bertugas sebagai kurir agar bisa meningkatkan laju kembang perusahaan.

Job description kurir yang paling utama adalah mengantarkan barang dengan penuh tanggung jawab dan tepat waktu, yang juga menjadi prinsip yang harus selalu dipegang teguh oleh seorang kurir. Jadi, jika seorang kurir tidak memiliki kedisplinan yang tinggi dan kejujuran, sudah pasti akan mengganggu kenyamanan pelanggan atau pengguna jasa pengiriman dan tentunya mencoreng nama baik perusahaan. Ada banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seorang kurir dalam laju perkembangannya. Tanpa kurir-kurir tersebut, perusahaan-perusahaan ekspedisi atau penyedia layanan kiriman barang tidak bisa eksis dan bertahan di masyarakat. Melihat fakta tersebut, tentunya keberadaan kurir tidak bisa diremehkan.

Tidak hanya perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa ekspedisi, kurir juga sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar yang bergelut di bidang di luar pengiriman barang. Perusahaan-perusahaan besar lainnya juga menganggap penting pekerjaan kurir. Misalnya ketika ada kesalahan pengiriman dokumen, barang yang tertinggal, perusahaan besar biasanya membutuhkan seorang kurir untuk bisa mengambil dan mengantarkan barang tersebut agar tiba tepat waktu ketika dibutuhkan. Setiap perusahaan tersebut memiliki standar job description kurir yang berbeda-beda. Pekerjaan kurir di berbagai bidang pengiriman barang misalnya pengiriman barang oleh jasa ekspedisi, pengiriman surat, pengiriman cek giro, pengambilan dokumen perusahaan, pengambilan dokumen atau rekening, mengurus perpanjangan perizinan, penggandaan dokumen, dan lain sebagainya. Tentunya setiap perusahaan memiliki SOP yang berbeda tentang job description kurir. 

Nah, menjadi seorang kurir memang bukanlah sebuah cita-cita yang diinginkan oleh masyarakat, kan. Tapi, menjadi bosnya para kurir, siapa sih yang tidak ingin? Jika Anda ingin membuka perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman jasa, tentunya wajib memahami job description kurir agar perusahaan Anda bisa berkembang dengan baik ke depannya.

Berikut contoh job description kurir seperti di bawah ini.
1. Mengirim barang tepat waktu
2. Memastikan barang yang diterima oleh konsumen atau pelanggan dalam keadaan baik dan tidak rusak
3. Menjaga kerahasiaan barang dan menjaga serta menjaga keamanan dokumen
4. Mengecek terlebih dahulu barang yang akan dikirimkan kepada konsumen agar terjadi kesalahan pengiriman barang
5. Membantu mengecek dan mengemasi barang agar layak antar dan tidak rusak
6. Membantu mengecek stok barang yang ada
7. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan
8. Membuat laporan harian mengenai barang yang terkirim dan diterima konsumen
9. Mengambil barang atau dokumen dari konsumen

Contoh Job Description Perusahaan


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.