Saturday, March 28, 2015

Contoh SOP Perusahaan Distribusi dan Developer

Contoh SOP Perusahaan Distribusi dan Developer
Struktur desain sebuah SOP perusahaan disusun untuk membuat system yang lebih efektif pada tata laksana sebuah peruahaan, baik yang bersifat manajerial maupun operasional. Desain SOP itu sendiri dibuat dalam format narasi dan ada yang berupa bagan atau alur kerja (flowchart). Ini semua tergantung kebutuhan dan tingkat kecermatan masing masing bagian. Yang terjadi pada contoh SOP perusahaan distribusi akan memberikan kita suatu pemahaman bagaimana mata rantai yang begitu lengkap tentang operasional prosedur dari mulai produksi hingga distribusi. Ini menunjukkan sebuah kualitas yang dirancang pada system SOP yang tepat. Bandingkan ketika anda datang pada sebuah perusahaan distributor yang menyalurkan berbagai produk ke pasaran namun tanpa memiliki management serta SOP yang jelas pada tata laksana kerja para karyawannya,yang terjadi adalah kecurangan,kebocoran,ketidak teraturan alur kerja dan pendistribusian barang yang kurang efektif,namun jika ini kita bandingkan dengan system management distributor berskala nasional yang menggunakan standar operasional yang lengkap maka kita akan melihat kerapihan dalam alur kerja yang berlangsung dan ini terlihat jelas perbedaannya.

Begitu juga Contoh SOP Perusahaan Developer yang berkompetensi dengan para developer yang masih pemula. Beberapa system manajemen masih mengalami kesimpang siuran dan ini akan berakibat cukup fatal pada alur kerja yang berlangsung terlebih pada kinerja developer begitu kompleks perangkat kerja yang ada,dari mulai penyediaan bahan bangunan, desain proyek, kontrak kerjasama, kesepakatan dengan pihak penanam modal dan masih banyak lagi hal yang harus dikelola secara bersamaan. Setiap divisi seharusnya memiliki proyeksi kerja yang handal untuk mengatur semua kinerja tersebut sehingga masing masing bidang memiliki porsi kerja yang satu tanpa meributkan kinerja bagian lain. Masing masing memiliki wewenang tersendiri dalam mengatur tanggung jawab pekerjaannya. Ini harus dituangkan dalam desain SOP yang dibuat agar semua kepentingan dapat terakomodasi dengan baik dalam rancangan SOP tersebut.

Banyak permasalahan yang mungkin timbul ketika sebuah perusahaan mulai memberlakukan Sop dan ini sangat relevan dengan kinerja masing masing bidang. Seperti halnya contoh SOP perusahaan kecil yang masih memiliki banyak kekurangan dan perlu masukan serta revisi disana sini. Anda bisa mengakses Contoh SOP Perusahaan Download yang ada untuk mendapatkan file lengkap mengenai desain sop yang rinci sehingga bisa disamakan dengan desain sop yang kita perlukan. Referensi dari hasil download format sop ini akan menjadi informasi yang sangat penting dalam melakukan tindak lanjut terhadap penertiban desain sop yang akan kita susun. Ini semua untuk memudahkan kita dalam membuat format sop management untuk perusahaan kita. Aspek bisnis yang memiliki desain sop meski dengan standar operasional prosedur yang terbilang sederhana akan memberikan reputasi yang baik pada pengembangan bisnis tersebut di masa yang akan datang dan penataan bisnis akan terlihat lebih professional dibanding dengan pengelolaan bisnis tanpa sop yang jelas.

Contoh SOP Perusahaan Logistic yang lengkap


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.