Tuesday, March 31, 2015

Jabatan dan Job Description Kasir

Jabatan dan Job Description Kasir
Kasirpun mempunyai Job Description Kasir. Anda sudah terbiasa berbelanja ke minimarket atau toko swalayan? Jika iya, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan keberadaan kasir-kasir minimarket, distro atau toko swalayan tersebut.

Pada umumnya, minimarket, swalayan, toko baju, distro bahkan supermarket besar tidak selalu dijaga dan diawasi oleh pemiliknya. Kita sudah biasa menemukan toko-toko modern semacam itu sudah tidak perlu penjagaan ketat selama 24 jam oleh pemiliknya. Kenapa? karena keberadaan kasir-kasir tersebut sudah sangat membantu memantau jalannya perusahaan retail atau toko modern. Keberadaan kasir dalam sebuah toko retail modern dan sejenisnya sangatlah menentukan seberapa besar keutungan perusahaan. Kasir merupakan ujung tombak dan penentu keeksisan perusahaan. Berikut adalah contoh job description kasir atau teller.

1. Menjalankan proses penjualan dan pembayaran jika terjadi transaksi Seorang kasir bertugas untuk menginput dan mengoutput keluar masuk barang setiap kali ada transaksi dari konsumen.
2. Mencatat semua transaksi
Transaksi masuk dan keluar baik dari penerimaan stock barang atau terbelinya barang oleh pembeli, wajib tercatat oleh kasir.
3. Memberikan informasi yang jelas dan komunikatif mengenai suatu produk kepada pelanggan atau konsumen.
4. Melakukan pengecekan atas stock barang secara berkala
5. Mengenal produk yang ditawarkan kepada konsumen
6. Melakukan pelaporan kepada atasan mengenai jumah barang yang menipis dan mengajukan permintaan barang
7. Menjaga mutu barang dan memperhatikan kualitas kerja sesama rekan agar sesuai dengan SOP
8. Menjaga kebersihan barang dan kualitas barang agar selalu layak jual

Selain job description kasir di atas, ada tugas-tugas lain yang juga harus dipenuhi oleh kasir. Misalnya:
1. Memberikan pelayanan yang baik, ramah, dan sabar kepada setiap pelanggan yang datang.
2. Mampu melakukan penghitungan secara cermat dan teliti. Kesalahan dalam penghitungan bisa menyebabkan terjadinya selisih barang dengan uang.
3. Mampu berkomunikasi dengan baik. komunikasi yang kurang baik oleh kasir kepada pelanggan bisa membuat pelanggan merasa tidak nyaman. Hal ini bisa menyebabkan berkurangnya konsumen dan bisa menurunkan jumlah transaksi yang pada akhirnya bisa merugikan perusahaan.
4. Bersikap jujur dan bisa diandalkan.
Apa jadinya jika kasir yang dimiliki oleh toko modern dan sebagainya itu tidak jujur? Bisa jadi sangat merugikan perusahaan dan konsumen karena ketidak jujurannya dalam bekerja dan mengembang amanah. Tidak sedikit kasir yang tidak jujur, yang pada akhirnya sangat merugikan perusahaan dan kasir lainnya.
5. Seorang kasir juga harus bekerja sama dengan kasir lainnya. tanpa kerja sama yang baik, toko retail atau minimarket tersebut tidak akan maksimal. Suasana keakraban yang terjalin di antara kasir, dapat menciptakan suasana positif yang membuat pelanggan merasa nyaman.

Demikian adalah penjabaran dari contoh job description kasir atau teller.

Contoh Job Description Perusahaan


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.