Tuesday, March 31, 2015

Job Description dalam Proses Produksi

Job Description dalam Proses Produksi
Sebelum kita membahas tentang job description logistik atau pengadaan barang, sebaiknya kita kenali dulu apa itu logistik. Orang awam selama ini mengetahui bahwa logistik merupakan suatu proses penyediaan barang yang dibutuhkan oleh perusahaan. Logistik merupakan bagian dari perusahaan yang mempunyai peran untuk pengadaan, penyimpanan, dan pendistribusian barang yang dibutuhkan oleh perusahaan. Pengadaan barang tersebut sangat diperlukan untuk kelanjutkan kegiatan operasional perusahaan.

Sejatinya pengadaan barang atau logistik merupakan bagian yang ada di hampir semua perusahaan. Namun, umumnya pengadaan barang atau logistik kebanyakan ada pada perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur dan perdagangan.

Berikut di bawah ini adalah job description logistik, yang meliputi:
1. Receiving (penerimaan)
Pada Kegiatan receiving ini, staf logistik harus memastikan barang yang diterima daru suppnlier dalam keadaan yang baik dan tidak cacat, memastikan barang yang datang dicek oleh QC, selanjutnya adalah melakukan penimbangan barang yang datang untuk memastikan benar atau tidaknya jumlah barang yang diinginkan, dan memastikan barang yang datang ditata dengan rapi sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh perusahaan.
2. Stop Keeper (supply)
Pada kegiatan ini, staf logistik harus menyuplai barang dengan baik dan benar.
3. Shipment
Yakni memastikan barang dikirim dengan baik dan benar, sesuai dengan prosedur yang ditetapkan

4. Entry data
Staf logistik harus mengupdate barang yang masuk dan keluar dengan benar, teliti dan tepat waktu, memastikan barang-barang tertata rapi, serta memberikan informasi tentang stok data barang, dan selalu melakukan stok opname sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.
5. Distribusi
Yakni mensidtribusikan barang-barang ke bagian-bagian produksi atau bagian lain yang diperlukan
6. Controlling
Mengontrol dan memonitor perkembangan pendistribusian dan memastikan bahwa barang digunakan dengan sewajarnya.  

Contoh Job description logistik tersebut pada akhirnya bertujuan untuk merencanakan dan mengkoordinasikan kegiatan pergudangan, pendistribusian, penyimpanan dan pengadaan barang agar bisa terpenuhi kebutuhan perusahaan dengan tepat waktu dan efisien. Oleh karenanya, manajemen waktu juga perlu diperhatikan oleh staf logistik. Karena apabila sedikit saja salah menentukan kapan seharusnya penyediaan barang dilakukan atau didistribusikan, maka akan mengganggu proses produksi perusahaan.

Contoh Job Description Perusahaan


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.