Saturday, March 28, 2015

Kendali bisnis dalam SOP Perusahaan Dagang dan Retail

Struktur SOP perusahaan dagang
Pembentukan SOP perusahaan bukan hal yang rumit dan sulit. Ini merupakan referensi yang harus dibuat sebuah perusahaan untuk menciptakan kinerja yang lebih professional dan lebih mantap sesuai aturan perusahaan. Ini bisa disusun seperti halnya pada contoh SOP perusahaan dagang yang melibatkan banyak struktur management yang berkaitan langsung dengan pemasaran dan perdagangan. Struktur SOP perusahaan dagang dibuat dengan sangat seksama untuk efektifitas perdagangan. Perusahaan dagang harus memiliki aturan yang jelas dalam alur keluar masuk barang dagangan yang harus lengkap. Ini melibatkan porsi karyawan gudang,staf administrasi dan juga para tenaga pemasaran dengan prosedur kerja yang telah ditetapkan. Setiap karyawan memiliki tanggung jawab di bidangnya masing masing sesuai SOP yang dibuat. Ini diharapkan Akan mampu mengendalikan laju perdagangan yang lebih efektif.

Ini juga berlaku pada contoh SOP perusahaan retail yang bergerak pada sector perdagangan yang lebih rinci. Perusahaan retail memasarkan produk secara eceran kepada konsumen dan diharapkan masyarakat mampu mendapatkan keuntungan dari produk retail yang dijual tersebut. Sistem yang dibuat pada perusahaan retail tentu merupakan system yang lebih rinci karena para pedagang memiliki strategi khusus dalam menarik minat pembeli yang bisa meraih pelanggan untuk bertransaksi lewat jalur perdagangan retail ini. SOP perusahaan yang dibuat tentu meliputi alur kerja di bidang ini antara lain, penerimaan alur masuk barang, keluar barang, SOP administrasi, SOP penyediaan barang dan masih banyak lagi. Persaingan di bisnis retail akan menjadi sebuah pemicu semangat kerja para karyawan dengan target yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Semua akan menjadi lebih terkendali bila anda membuatnya dalam bentuk format atau bagan dibanding dengan SOP dalam bentuk narasi karena SOP dalam bentuk narasi akan menjadi banyak penafsiran diantara para karyawan.

Banyak perusahaan yang bermunculan dengan standar operasional kerja yang telah ditetapkan. Ada contoh SOP perusahaan manufaktur yang memerlukan flowchart secara jelas dalam membatasi wewenang yang dibuat atau diagram khusus yang akan menjelaskan prosedur kinerja yang harus dijalankan. Setiap individu pekerja memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam SOP ini. Semua dibuat atas dasar kesepakatan seluruh staf dan juga karyawan di bidangnya masing masing. Para karyawan bisa memberi masukan atas penyusunan SOP ini untuk kinerja mereka yang lebih optimal. Sebuah aturan ditetapkan melalui proses atau mekanisme yang jelas karena ini juga diberlakukan dengan kejelasan materi dan juga tujuan SOP ini dibuat. Para pelaku usaha juga harus membuat sebuah ketetapan yang sangat bijaksana atas standar operasional prosedur yang disusun tersebut untuk kenyamanan dan efektifitas kerja para karyawannya dan juga untuk peningkatan produktikfitas pada perusahaan manufaktur tersebut. Semua kelengkapan dasar dari SOP ini juga harus menjadi perhitungan untuk kenyamanan semua pihak pelaksana.

Contoh SOP Perusahaan Logistic yang lengkap


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.