Tuesday, March 31, 2015

Maksimalkan Tugas dalam Job Desc Desainer Grafis

Maksimalkan Tugas dalam Job Desc Desainer Grafis
Memadukan karya seni visual atau seni rupa dan keindahan bahasa adalah tugas utama seorang desainer grafis. Untuk menjual produk atau jasa perusahaan Anda, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah memanfaatkan tugas desainer grafis untuk menyampaikan pesan atau informasi tentang produk atau jasa perusahaan Anda dengan cara yang unik dan berbeda kepada konsumen.

Selain desainer grafis, masih banyak lagi desain-desain lain yang juga membantu mempermudah penyampaian pesan perusahaan kepada audiens, yakni meliputi web desain, movie production, packaging, typo design, dan lain sebagainya. hanya saja, di artikel ini kita akan khusus membahas Job Description Desainer Grafis dalam sebuah perusahaan.

Dalam rangka menggaet target audiens, desainer grafis harus menyusun gambar, foto, penyesuaian warna, slogan perusahaan hingga pemilihan kata-kata yang tepat untuk menjadikannya satu kesatuan yang padu dalam menciptakan media komunikasi unik yang harmonis. Selain sebagai seorang pekerja seni, desainer grafis juga seorang komunikator yang bertugas untuk memvisualisasikan produk atau jasa perusahaan dengan cara yang mudah dan unik. Tugas seorang desainer grafis yang maksimal dan tepat sasaran akan mendapatkan pundi-pundi rupiah perusahaan Anda.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang desainer grafis dalam bekerja. Misalnya meliputi sikap kerja atau attitude yang membuat seorang desainer grafis menjadi sadar akan tugasnya sebagai media komunikasi antara perusahaan dan target audiens dengan cara yang berbeda. pengetahuan atau skill juga harus diperhatikan oleh perusahaan ketika menentukan seorang desainer grafis dalam perusahaannya. Tanpa keterampilan yang mumpuni, keberadaan seorang desainer grafis hanya akan menambah beban perusahaan dan tidak akan memaksimalkan komunikasi antara perusahaan dan target audiens. Alhasil, selain menjadi beban, perlahan usaha pun perlahan akan tumbang.

Meski seorang desainer grafis adalah pekerja seni yang pada ‘umumnya’ memiliki kebebasan dalam melaksanakan tugasnya, tapi desainer grafis tetap memiliki batasan-batasan yang harus dipatuhi. Di sini perusahaan berperan penting untuk mengatur SOP seorang desainer grafis di perusahaannya. Job description desainer grafis meliputi beberapa hal berikut.
1. Menciptakan desain yang sempurna dengan memasukan karya seni dan bahasa
2. Menyampaikan pesan berupa jasa atau produk perusahaan kepada masyarakat dengan cara yang unik
3. Memposisikan diri sebagai pemecah masalah dalam kebuntuan komunikasi dengan menciptakan komunikasi baru dalam bentuk visual
4. Menciptakan desain yang informatif dan komunkatif yang bisa menyentuh sisi psikis audiens
5. Selalu kreatif dan memiliki wawasan baru akan perkembangan audiens yang selalu berubah sewaktu-waktu.
Adapun kode etik yang harus dipatuhi oleh seorang desainer grafis, di antaranya sebagai berikut.
1. Selalu patuh kepada kode etik profesi
2. Memberikan gambaran yang tepat tentang kualifikasi dan pengalaman kerja yang dimilikinya kepada perusahaan agar perusahaan mengetahui sejauh apa kemampuan atau perkembangan skill seorang desainer grafis.
3. Mempromosikan keprofesiannya dengan profesional
4. Mengerjakan tugas tanpa merugikan perusahaan atau yang bersifat melanggar hukum
5. Bekerja sama dengan rekan seprofesi atau anggota yang terlibat dalam bidang tersebut agar bisa tercapai kepentingan bersama, terutama kepentingan perusahaan
6. Mendiskusikan masalah-masalah yang saling berkaitan dan mencarikan solusinya dengan menerapkan ke dalam desain yang merupakan tugas seorang desainer grafis


Contoh Job Description Perusahaan


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.