Saturday, March 28, 2015

Management dalam SOP Perusahaan Tambang dan Percetakan

Penyusunan SOP Perusahaan untuk Efektifitas Kerja
Dalam management sebuah perusahaan anda akan menemukan struktur SOP atau Standar Operasional Prosedur yang dibentuk berdasar aturan baku pada perusahaan tersebut. Ini tentu meliputi semua divisi yang berada pada ruang lingkup perusahaan,baik itu prosedur untuk management atau untuk operasional karyawan. Sebagai Contoh SOP Perusahaan Tambang yang memiliki draft mengenai alur kerja wilayah pertambangan tersebut serta tanggung jawab yang dimiliki masing masing bidang. Anda bisa melihat draft tersebut dibuat dengan sangat rinci karena memerlukan sebuah ketelitian untuk menyusun SOP tersebut secara lengkap agar tidak ada prosedur yang disalah gunakan atau salah penapsiran yang mengakibatkan kerugian. Terlebih pada perusahaan pertambangan berskala nasional yang harus menyusun SOP dalam bentuk draft yang jelas dan mudah difahami karena boleh jadi hal hal kecil dalam draft tersebut diartikan lain untuk memanipulasi kecurangan.

Berbeda dengan perusahaan pertambangan, contoh SOP Perusahaan Percetakan berada pada tataran management produk percetakan dengan kapasitas produksi dan juga pemasaran yang ditangani secara langsung oleh bagian management. Anda bisa melihat struktur SOP percetakan yang mengatur kontrak kesepakatan dengan banyak lembaga perkantoran atau lembaga pendidikan karena inilah ruang lingkup perusahaan percetakan dalam menjalin kerjasama percetakan buku atau makalah yang diperlukan di berbagai sekolah atau kalangan perkantoran. Kinerja produksi yang dibuat pada perusahaan percetakan akan diatur melalui system SOP Produksi sehingga kapasitas produksi percetakan tersebut bisa dilihat dengan seksama untuk menghindari kesalahan dan memperhatikan bagaimana alur management tersebut berjalan. Perhatian terhadap pengaturan SOP pada perusahaan percetakan akan membuat pengelolaan perusahaan tersebut lebih efektif meski kinerja pada perusahaan begitu kompleks.

Standar operasional prosedur berlaku bukan hanya bagi perusahaan berskala besar namun juga pada perusahaan kecil. Contoh SOP perusahaan Kecil harus dibuat dengan professional karena ini akan membuat perusahaan semakin maju dan berkembang dengan pengaturan management yang tepat dan seimbang. Daya dukung administrasi yang rapi dan juga karyawan yang terampil akan membuat perusahaan kecil tersebut memiliki reputasi yang baik karena draft SOP yang dirancang dengan sangat baik.

Setiap karyawan akan mematuhi SOP yang dibuat meski ruang lingkup kerja masih tergolong sederhana. Ini bisa berlaku pada perusahaan milik keluarga yang pengelolaan managementnya masih sederhana dan memiliki jumlah karyawan yang masih sedikit. Jika kita memberi perhatian pada pengaturan SOP yang tepat maka semua alur kerja yang berjalan akan lebih teratur dan lambat laun perusahaan tersebut akan semakin besar. Pengaturan SOP ini juga bisa dibuat untuk mengatur tata laksana dan kewenangan karyawan serta hak dan kewajibannya. Ini bisa diatur oleh karyawan itu sendiri dalam sebuah forum musyawarah dalam pembentukan dan penyusunan SOP untuk perusahaan skala kecil.

Contoh SOP Perusahaan Logistic yang lengkap


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.