Saturday, March 28, 2015

Memahami Desain SOP dalam Format Bahasa Inggris

Memahami Desain SOP dalam Format Bahasa Inggris
Pengendalian management sebuah perusahaan telah diatur sedemikian rupa pada desain sop yang dibuat,tidak terkecuali untuk perusahaan besar ataupun kecil. Ini juga berlaku untuk contoh sop perusahaan importir yang tergolong sebagai perusahaan besar bertaraf internasional. Kebijakan dan prosedur pada perusahaan importir ini akan bergantung pada kebutuhan pangsa pasar akan aturan import yang berlaku karena perusahaan tidak bisa membuat sendiri aturan import suatu produk tanpa ada kebijakan dan campur tangan pemerintah sebagai penentu kebijakan. Maka rujukan pembuatan sop perusahaan importir akan menyesuaikan dengan kebijakan import yang dibuat pemerintah. Pengaturan aplikasi perusahaan importir memang memerlukan banyak aturan yang melibatkan dokumen penerimaan barang dan juga aturan aturan lainnya sebab jika ini tidak diselesaikan dengan baik maka perusahaan akan menemui masalah dengan pihak bea cukai.

Pada perusahaan importir juga akan disusun format sop yang mengandung aturan berbahasa inggris. Contoh sop perusahaan bahasa inggris ini juga bisa anda lihat dengan lengkap menurut aturan yang dibutuhkan. Ini karena alur kerja yang berlangsung pada perusahaan importir akan berkaitan dengan pihak asing yang akan memerlukan penjelasan mengenai prosedur tata laksana perusahaan importir ini sehingga jika desain sop menggunakan bahasa inggris maka akan lebih mudah untuk membuat penjelasan pada pihak asing yang terlibat dalam kerjasama bisnis import ini. Desain sop akan dibuat sangat lengkap dan jelas secara terperinci untuk menghindari kesalah pahaman atau beda persepsi yang mugkin terjadi. Banyak perusahaan yang membuat sop dalam bahasa inggris untuk lebih mengidentifikasi alur kerja secara global. Ini juga akan menunjukkan bahwa perusahaan tersebut telah menjadi perusahaan multinasional yang lebih professional.

Contoh sop perusahaan dalam bahasa inggris akan dibuat lebih sederhana namun terperinci agar bisa dipahami oleh semua pihak. Setiap perusahaan memiliki tanggung jawab dalam menyusun format sop berbahasa inggris untuk kepentingan yang mungkin diperlukan. Materi sop ini sendiri pada dasarnya sama dengan format sop berbahasa Indonesia karena ini hanya mengcopy prosedur yang dibuat sebelumnya dalam bahasa Indonesia. Penyusunan desain sop akan melibatkan seluruh karyawan yang akan diarahkan untuk menyesuaikan alur kerja yang berlangsung pada perusahaan tersebut. Jika setiap divisi telah mendapatkan format sop secara lengkap maka pengendalian dan mengaturan tata laksana kerja akan lebih mudah dengan aturan yang telah disesuaikan. Pengawasan dan pengendalian bisa melihat referensi sop yang ada karena karyawan akan menjalankan alur kerja yang telah disesuaikan dengan desain sop yang dibuat. Ini merupakan pedoman yang akan dipegang sebagai standar operasional prosedur kerja bagi setiap karyawan pada bagian mereka masing masing. Sekiranya sop tersebut dibuat dalam bahasa Inggris maka ada baiknya pihak management memberi penjelasan terlebih dahulu mengenai substansi sop agar para karyawan lebih memahaminya.

Contoh SOP Perusahaan Logistic yang lengkap


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.