Tuesday, March 31, 2015

Menyusun Job Description Costumer Service

Job Description Customer Service
Bagaimana cara menyusun Job Description Customer Service? Costumer Service (CS) dalam bahasa Indonesia berarti pekerjaan untuk pelayanan pelanggan. Costumer Service adalah posisi pekerjaan yang menangani segala bentuk permasalahan yang dikeluhkan atau dialami konsumen mengenai produk barang atau jasa suatu perusahaan. Pelayanan tersebut disediakan oleh suatu perusahaan yang bertujuan untuk melayani keluhan-keluhan ketidakpuasan atau apresiasi pelanggan kepada produk barang atau jasa perusahaan. Keberadaan seorang costumer service menjadi sumber pemecahan masalah atau diharapkan bisa memberikan solusi atas apa keluhan pelanggan serta mencatat persoalan atau pesan, dan kritik, agar persoalan tersebut bisa diselesaikan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Costumer service bisa dikategorikan sebagai pekerjaan pokok yang di dalamnya terdapat interaksi langsung antara pelanggan atau konsumen dengan pihak perusahaan baik melalui telepon atau kontak langsung. Pada prinsipnya, costumer service harus menerapkan prinsip kehati-hatian dan harus memiliki pemahaman yang lebih terhadap produk barang atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan tempat ia bekerja. Costumer service juga dituntut untuk menjaga rahasia perusahaan dan melakukan pemeliharaan nasabah. Seorang costumer service dituntut untuk memberikan penampilan dan kesan yang terbaik kepada pelanggan atau konsumen, dan komunikatif.

Karena pekerjaannya yang selalu dihadapkan secara langsung dengan konsumen yang kebanyakan kecewa atau memiliki keluhan, diharapkan SDM yang ditempatkan pada posisi ini harus memiliki sikap yang sabar, tanggap menganalisa masalah dan memberikan solusi, mengindentifikasi kebutuhan nasabah dengan efektif. Menurut Kasmir (2005:182), costumer service berfungsi sebagai berikut. 1. Sebagai resepsionis 2. Sebagai deskman 3. Sebagai salesman 4. Sebagai relation officer 5. Sebagai komunikator

Secara mendetail, job description costumer service di antaranya adalah sebagai berikut. 1. Berhubungan langsung dengan konsumen atau pelanggan 2. Memasarkan produk barang atau jasa perusahaan kepada konsumen 3. Melakukan pencatatan pelaporan keluhan konsumen 4. Memberikan informasi produk kepada konsumen dengan jelas 5. Melayani keluhan dan permintaan konsumen 6. Melayani segala bentuk komplain dan segera mencarikan solusinya 7. Melaksanakan tugas yang sesuai dengan perintah atau petunjuk dari atasan Karena job description customer service yang sedemikian itulah, dibutuhkan SDM yang komunkatif dan informatif oleh sebuah perusahaan. SDM yang tidak mumpuni, akan mengakibatkan terjadinya hal-hal fatal yang tidak diinginkan, misalnya kecewanya konsumen terhadap pelayan costumer service yang kurang ramah atau kurang komunikatif.

Contoh Job Description Perusahaan


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.