Thursday, March 26, 2015

Pedoman SOP Perusahaan Farmasi

contoh sop perusahaan farmasi
Penggunaaan struktur sop dalam sebuah management perusahaan bukan dimaksudkan untuk membuat aturan yang mengikat secara ketat pada kinerja karyawan atau memasung hak hak karyawan. Ini dibuat untuk mengatur pengelolaan procedural operasional kerja setiap karyawan agar memiliki standar kualitas kerja yang sama dan meningkatkan efektifitas mereka dalam bekerja. Tanggung jawab ini diberlakukan pada hampir semua bagian di perusahaan,dari mulai jajaran direktur hingga bawahan. Kita bisa melihat contoh sop perusahaan farmasi yang bergerak pada penyediaan produk obat untuk disalurkan pada berbagai pihak yang berkaitan,seperti apotek dan praktek dokter. Sop perusahaan farmasi ini juga melibatkan struktur management distribusi dan promosi yang memliki tanggung jawab untuk memasarkan produk obat obatan kepada pihak pihak lain yang memerlukannya. Kualitas produksi pada perusahaan farmasi juga harus dijaga dengan baik dalam menghindari pencemaran yang mungkin terjadi karena produk farmasi berkaitan langsung dengan penggunaan takaran zat kimia.

Anda bisa mendownload contoh sop perusahaan free dari internet yang akan memberikan anda referensi mengenai penyusunan sop yang tepat bagi perusahaan yang anda kelola. Jika perusahaan anda tergolong merupakan perusahaan kecil,maka penyusunan sop bisa dibuat lebih sederhana karena ini bukan penataan kerja yang kaku namun merupakan pedoman untuk tata laksana kerja yang lebih standard dan terarah. Anda bisa melihat bagaimana manfaat yang akan anda peroleh setelah sop tersebut diberlakukan. Pengawasannya bisa dilakukan secara langsung oleh tim management yang memiliki tugas serta wewenang dalam pengeloaan setiap bagian perusahaan ,namun divisi management inipun mendapat sop yang sama dalam mengatur semua kebijakan serta program kerja yang dijalankannya. Perusahaan anda akan berkembang dengan lebih baik dalam struktur yang lebih rapi. Ini bahkan akan menghindarkan perusahaan dari penyalah gunaan wewenang yang dilakukan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pada tataran yang lebih besar anda bisa melihat contoh sop perusahaan franchise. Tata kelola perusahaan seperti ini lebih kompleks lagi karena disamping mempersiapkan desain sop untuk perusahaannya sendiri,management sop juga dibuat untuk perekrutan mitra kerjasama yang tergabung dalam system franchise ini. Fungsi sop pada perusahaan franchise sangatlah beragam karena anda perlu membuat banyak sop untuk berbagai bagian dalam perusahaan tersebut yang mencakup proses produksi,pengembangan produk,kontrak franchise dan pengelolaannya serta bagaimana mempertahankan kualitas produk yang baik. Pengembangan perusahaan franchise akan sangat tergantung pada management yang dimiliki perusahaan tersebut. Ini adalah dedikasi yang tinggi untuk menciptakan suasana kerjasama yang sangat solid dalam penataan desain sop yang rapi. Pengaturan system franchise juga dituangkan dalam sop tentang management kerjasama sehingga semuanya akan lebih terarah dan jelas. Pihak perusahaan tidak akan lagi harus menjelaskan ketentuan kerjasama dan pihak pengelola akan memiliki acuan dan pedoman mengenai bisnis franchise yang dijalankannya.

Contoh SOP Perusahaan Logistic yang lengkap


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.