Saturday, March 28, 2015

Pengenalan SOP Perusahaan Swasta Cargo dan Dagang

Struktur SOP yang lebih efektif
Pengenalan struktur SOP yang lebih efektif Melihat pedoman tata laksana kerja pada sebuah perusahaan dalam susunan SOP, maka kita pasti Akan membayangkan betapa rapinya prosedur operasional yang dibuat pada tiap divisi di perusahaan. Semua bagian telah memiliki wewenang masing masing yang bertanggung jawab pada satu bagian lainnya. Ini juga meliputi tata laksana prosedur kerja yang harus dilaksanakan oleh bagian bagian tersebut. Contoh Sop Perusahaan Cargo akan memberi kita referensi mengenai kinerja pada bagian bagian di perusahaan cargo, yaitu meliputi bagian angkutan dan juga transportasi yang memang menjadi bagian kinerja perusahaan cargo tersebut. Administrasi yang terdapat pada perusahaan cargo merupakan administrasi yang melibatkan struktur alur keluar masuk barang namun tentu dalam dimensi yang lebih besar. Biasanya perusahaan cargo bergerak untuk pengiriman barang antar kota dan juga antar pulau,dan ada juga yang melayani pengiriman barang antar Negara yang kita sebut eksport import.

Banyak sekali Contoh contoh SOP Perusahaan yang bisa dijadikan referensi dengan melihat bagaimana struktur administrasi perusahaan tersebut dibuat. Ada SOP perusahaan swasta yang bergerak di bidang jasa atau bidang produksi. Semua perusahaan tersebut memiliki Sop yang rapi dan lengkap pada tiap divisi. Ini untuk membuat tekhnis management semakin rapi dan solid. Kinerja tiap divisi akan diawasi dan dikontrol oleh pihak diatasnya yang akan menerima pertanggung jawaban dari tiap divisi mengenai operasional kerja yang telah ditetapkan. Prosedur kerja yang dilaksanakan oleh masing masing divisi akan saling terikat satu sama lain karena bersinergi dalam tujuan yang sama yaitu efektifitas kerja yang lebih meningkat. Dalam sebuah perusahaan terdapat struktur management yang akan menentukan urutan kedudukan dalam peruahaan tersebut,dari sanalah kita melihat aspek tanggung jawab dan wewenang yang dimiliki oleh masing masing bagian.

Yang menarik perhatian dalam penyusunan SOP perusahaan adalah bagaimana tahapan dan proses SOP tersebut dibuat. Contoh SOP Perusahaan Dagang yang melibatkan bagian pemasaran akan mengatur tentang bagaimana sebuah produk dipasarkan dengan target penjualan dan cakupan wilayah pemasaran pada masing masing penjual. Target inilah yang akan memicu seorang karyawan untuk memenuhi aturan target yang telah ditetapkan dalam SOP. Jika tidak mencapai target maka bukan tidak mungkin karyawan tersebut akan mendapat teguran. Oleh sebab itu pada SOP perusahaan dagang juga disebutkan bagaimana seorang karyawan harus memiliki aturan dalam memasarkan produk tersebut. Produk yang dijual oleh perusahaan itu juga memiliki nilai lebih dan wilayah pemasaran tertentu dan itu diatur dalam SOP perusahaan dagang. Setiap perusahaan akan menyusun SOP dalam rumusan yang berbeda beda tergantung dari kebutuhan perusahaan tersebut. SOP tersebut dibuat juga menurut karakter dari tata laksana para karyawan dan tidak disusun secara otoriter oleh para atasan atau dewan komisaris.

Contoh SOP Perusahaan Logistic yang lengkap


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.