Tuesday, March 31, 2015

Pentingkah Job Description Tenaga Administrasi

Pentingkah Job Description Tenaga Administrasi
Pentingkah Job Description Tenaga Administrasi di Perusahaan Anda? Anda merasa bahwa selama ini perusahaan Anda ternyata berjalan stagnan dan kurang produktif? Sebelum mengecek terlebih jauh letak kesalahannya di mana, coba Anda cek salah satu posisi yang amat penting dalam laju perkembangan usaha Anda.

Bagian Administrasi. Bagian Administrasi adalah salah satu kunci tombak bagaimana perusahaan Anda bisa melaju. Seperti yang kita ketahui, seorang admin memiliki Job description yang sangat sangat mendukung keberadaan staf-staf di bagian lainnya dalam perusahaan. Pegawai administrasi perkantoran dihadapkan dengan tanggung jawab untuk mengevaluasi kinerja karyawan, melengkapi alat-alat atau kebutuhan kantor yang dibutuhkan demi berlangsungnya laju perusahaan, menciptakan hubungan yang baik antara dirinya dengan pemilik perusahaan, menyiapkan kebutuhan perusahaan atau mengirimkan daftar permintaan barang yang dibutuhkan, serta menciptakan koordinasi yang baik antar karyawan demi terciptanya kegiatan perusahaan yang produktif dan aktif.

Job description administrasi di perusahaan yang sangat beragam tersebut, perusahaan membutuhkan tenaga administrasi yang cakap, lincah, pandai berkomunikasi, dan mampu berorganisasi. Karena job description administrasi yang kompleks itulah, tenaga administrasi dituntut untuk mampu dan bertanggung jawab dengan hampir semua pekerjaan demi tercapainya keberhasilan tugasnya. Pada dasarnya, tugas tenaga administrasi tiap perusahaan sangatlah beragam. Hanya saja, semua perusahaan membutuhkan tenaga adminitrasi yang cakap dan mampu berorganisasi dengan baik agar semua tugas yang ia emban nantinya, bisa berjalan dengan lancar dan membantu perusahaan meningkatkan produktivitas.

Berikut di bawah ini adalah contoh Job description tenaga administrasi sangat multitasking, memiliki tugas dan fungsi yang kompleks. 1. Tenaga administrasi harus mengawasi produktivitas staf dan kualitas kerjanya 2. Menyiapkan ruang kerja yang efektif beserta peralatan kantor untuk staf 3. Memastikan peralatan dan ruang yang ada, sesuai dengan jabatan tiap-tiap staf 4. Tenaga administrasi juga bertugas untuk melaksanakan kegiatan surat-menyurat, pengarsipan, dan memastikan bahwa kegiatan karyawan terdukung oleh dukungan administrasi 5. Merencanakan evaluasi kerja setiap staf atau karyawan agar bisa mencapai target kerja yang sudah ditentukan oleh perusahaan 6. Menyiapkan laporan pertanggung jawaban kepada atasan 7. Melakukan pembaharuan informasi administrasi 8. Menyusun laporan persediaan barang 9. Membuat daftar kebutuhan harian, bulanan atau bahkan tahunan Selain tugas-tugas di atas, tenaga administrasi juga harus bisa memberikan solusi atas apa yang dialami oleh perusahaan jika sewaktu-waktu dibutuhkan masukannya. Tenaga administrasi juga sebaiknya berperan aktif memberikan masukan mengenai perkembangan perusahaan.

Melihat contoh job descripstion tenaga administrasi perusahaan di atas, jika perusahaan yang Anda pimpin mempunyai kendala dan tidak produktif, bisa jadi SOP tenaga administrasi kurang terpenuhi. Sehingga menimbulkan ketimpangan yang bila tidak segera ditangani, akan berdampak lebih buruk bagi eksistensi perusahaan yang Anda pimpin.

Oleh karenanya, keberadaan tenaga administrasi sangatlah penting. Biasanya di dalam sebuah perusahaan rata-rata merekrut tenaga administrasi perempuan dengan berbagai pertimbangan, yang salah satunya adalah pengaturan seorang perempuan yang lebih detail dan jeli. Jangan salah, merekrut tenaga administrasi laki-laki juga tidak salah. kejelian dan keterampilan tidak ditentukan oleh jenis kelamin, tetapi ditentukan oleh kualiats individu masing-masing. Yang pasti, perekrutan tenaga administrasi hendaknya memperhatikan tingkatan pendidikan. Atau menggunakan cara-cara yang biasa digunakan oleh perusahaan dengan menyeleksi karyawan-karyawan lama untuk dinaikpangkatkan dengan memberikan pelatihan-pelatihan sesuai dengan keterampilan yang dibutuhkan perusahaan. Perekrutan dengan cara seperti itu sangat banyak digunakan oleh perusahaan, karena selain sudah bisa melihat perkembangan dan kemajuan calon tenaga administrasi, calon tenaga administrasi tersebut sudah mengenal seluk beluk perusahan dan perkembangannya, sehingga bisa lebih mudah beradaptasi dengan pekerjaan yang akan diemban.

Contoh Job Description Perusahaan


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.