Saturday, March 28, 2015

Penyusunan SOP Perusahaan Garment

Penyusunan SOP Perusahaan Garment
Materi sop pada setiap bagian perusahaan Pilihan pilihan format standar operasional prosedur yang akan diterapkan di sebuah perusahaan menjadi kajian yang mendalam tentang bagaimana membuat penyusunan desain sop yang tepat dan mewakili semua karakter kerja para karyawan. Ini bisa kita lihat pada contoh sop perusahaan garment yang memuat berbagai kebijakan penting mengenai tata laksana kerja di perusahaan berbasis produksi ini. Standar prosedur kerja yang diterapkan pada perusahaan garment biasanya tidak terlalu membebankan para karyawan untuk melakukan kerja yang ada karena karyawan perusahaan garment ini memiliki struktur kerja yang sangat luas dengan banyak divisi atau bagian,seperti bagian produksi,bagian pengolahan material garment,bagian pengepakan dan bagian pengiriman. Semua prosedur yang berlaku diterapkan dengan sangat cermat sesuai kapasitas produksi yang sedang berjalan. Ini juga melibatkan operator mesin yang bekerja mengatur system mesin garment yang berjalan.

Para tekhnisi di perusahaan garment memiliki tugas dan tanggung jawab tersendiri pada operasional mesin yang ada di perusahaan tersebut. Ini meliputi wewenang mengatur system dalam mesin dan juga perawatan mesin yang tersedia. Jika seorang operator tidak memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengatur system atau software mesin maka proses produksi tentu akan berjalan lambat dan itu sangat berpengaruh pada aspek kerja yang lainnya. Contoh sop perusahaan garmen ini menjadi referensi perusahaan besar yang memiliki jumlah karyawan cukup banyak. Perekrutan karyawan juga menjadi salah satu hal yang termasuk pada format sop management karyawan. Ini dilakukan secara cermat dalam aturan penerimaan karyawan yang sangat lengkap sehingga jika ada masalah dalam perekrutan karyawan tersebut maka pihak management akan bertanggung jawab terhadap atasan untuk kesalahan system yang dibuatnya. Jumlah karyawan yang sangat banyak memang harus memiliki format standar operasional prosedur tersendiri agar bisa mengatur pengelolaannya secara professional.

Dalam sebuah perusahaan akan terdapat bagian bagian penting yang memerlukan penyusunan sop secara tepat, contoh sop perusahaan gudang yang membutuhkan desain prosedur yang sangat cermat karena tata kelola gudang cukup merepotkan serta memerlukan pengawasan yang sangat baik. Alur keluar masuk barang terjadi pada bagian gudang dan banyak terjadi kesalahan dalam proses tata laksana kerja tersebut,terlebih jika produk yang ada sangat beragam dan banyak maka proses stok barang akan membutuhkan waktu yang relative lama. Bila sop administrasi gudang telah diterapkan secara baik maka anda akan memperoleh hasil yang rapi pada laporan pemasukan dan pengeluaran barang yang terjadi dan diharapkan tidak terjadi kesalahan perhitungan yang akan membuat semua masalah semakin bertumpuk. Ketika sebuah perusahaan menggunakan format sop untuk penataan gudang yang lebih baik maka setiap karyawan harus memiliki tanggung jawab dalam operasionalnya agar semua pihak yang berkaitan dalam kinerja di gudang dapat merasakan kenyamanan atas lancarnya operasional yang telah dilaksanakan.

Contoh SOP Perusahaan Logistic yang lengkap


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.