Saturday, March 28, 2015

Penyusunan SOP Perusahaan Jasa untuk Efektifitas Kerja

Penyusunan SOP Perusahaan untuk Efektifitas Kerja
Pembahasan mengenai SOP (Standar Operasional Prosedur) pada sebuah perusahaan merupakan hal yang tidak asing. Setiap struktur administrasi perusahaan harus memiliki program SOP yang jelas untuk efektifitas kinerja perusahaan tersebut, yang menyangkut management, keuangan dan lain sebagainya. Pentingnya SOP bagi perusahaan Akan membuat management perusahaan tersebut lebih terkendali dalam konsep SOP yang telah dibuat. Masing masing divisi akan memiliki tanggung jawab dan dedikasi masing masing dalam melaksanakan standar opearsional kerja prosedur kerja yang telah dituangkan dalam SOP. Masing masing perusahaan tentu memiliki standar yang berbeda dengan perusahaan lainnya tergantung dari situasi dan kondisi yang terdapat pada perusahaan tersebut. SOP yang berlaku pada perusahaan jasa tentu berbeda dengan SOP yang berlaku pada perusahaan yang menghasilkan produk. Ini meliputi struktur kerja masing masing divisi yang diberlakukan melalui proses musyawarah dan rapat antar karyawan.

Kita dapat mengakses Contoh SOP Perusahaan Jasa yang tentu melibatkan struktur kerja pada perusahaan jasa tersebut. Karyawan divisi management akan memiliki standar prosedur kerja tertentu yang mewajibkannya melaksanakan semua kinerja management dengan standar prosedur yang telah ditetapkan. Ini tentu berbeda dengan kapasitas standar prosedur kerja bagian marketing yang memiliki target tertentu yang telah ditetapkan oleh perusahaan sesuai dengan pemberlakukan SOP bidang marketing. Wilayah kerja dan kapasitas masing masing karyawan akan berbeda satu sama lainnya. Ini dibuat tentu untuk meningkatkan kinerja masing masing divisi serta pemasaran jasa yang merupakan bidang usaha yang ditetapkan perusahaan. Kaitannya dengan management perusahaan tentu sangat terkendali karena setiap divisi pada perusahaan jasa memiliki standar operasional kerja yang jelas dalam kapasitas mereka di perusahaan tersebut. Ini akan menambah kreatifitas pada masing masing struktur perusahaan agar lebih produktif dan kreatif.

Begitu juga yang berlaku bagi perusahaan yang membuat sebuah produk. Contoh SOP perusahaan tersebut tidak terlepas dari struktur management yang telah ditetapkan sebelumnya. Pada dasarnya masing masing memiliki standar kerja yang sama dalam kendali tanggung jawab dan target operasional yang telah ditetapkan. Jika ini menyalahi prosedur maka perusahaan tak segan segan mengeluarkan sanksi,baik berupa lisan maupun tertulis. Kepentingan perusahaan harus menjadi hal utama dalam kinerja yang dilakukan tiap karyawan. Ini menjadi prosedur tertulis yang dituangkan dalam SOP. Anda bisa melihat banyak perusahaan besar yang membuat SOP dengan system yang tepat sehingga management perusahaan tersebut lebih terkendali meski banyak divisi yang berada pada perusahaan tersebut. Masing masing memiliki standar kerja tersendiri yang harus ditaaati. Struktur dokumen SOP itu sendiri dibuat melalui persetujuan seluruh karyawan dengan kesepakatan bersama yang telah ditetapkan. Ini akan menjadi tanggung jawab masing masing dalam pelaksanaannya. Semua karyawan akan bekerja secara optimal dengan standar kerja yang telah ditetapkan dan bekerja dalam suasana yang nyaman tanpa paksaan.

Contoh SOP Perusahaan Logistic yang lengkap


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.