Tuesday, March 31, 2015

Peran Job Description Guru Yang Berkualitas

Peran Job Description Guru Yang Berkualitas
Job Description Guru dalam proses Pendidikan merupakan proses interaksi antara pendidik dengan peserta didik untuk mencapai tujuannya, yakni membentuk kaum-kaum intelektual yang berkualitas dan mumpuni di segala bidang. Ada banyak sekali bidang ilmu pengetahuan di dunia ini, yang tentunya membutuhkan spesifikasi guru yang juga sesuai dengan keilmuan yang dimiliki.

Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 74 pasal 52 ayat 1 tentang guru, mencakup kegiatan pokok yaitu merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik serta melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan tugas pokok. Artinya, pendidik harus memiliki kemampuan mengajar sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Selain menjadi guru, selain sebagai pengajar memiliki peran ganda yakni bertugas pula sebagai pendidik. Tugas seorang pengajar adalah mengajarkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya, atau melakukan transfer ilmu kepada peserta didiknya dan membantu mengembangkan kemampuan intelektual, afektif, dan psikomotorik. Sedangkan sebagai pendidik, adalah mengarahkan secara psikologis, sosial dan moral kepada peserta didik agar bisa menjadi manusia yang berisi secara intelektual dan nurani ketika terjun ke dalam masyarakat.

Untuk mencapai amanah yang terkandung dalam peraturan pemerintah, seorang guru atau calon guru harus melaksanakan job description guru dengan baik. Contoh job description guru adalah sebagai berikut.

1. Menyusun materi ajar untuk diajarkan kepada peserta didik
2. melaksanakan program sesuai dengan mata pelajaran yang akan diajarkan
3. melakukan koordinasi dengan wali kelas setiap kali menghadapi masalah atau menemui perkembangan yang dialami oleh peserta didik, baik tentang kesulitan menerima pelajaran atau kemajuan pesat saat menerima pelajaran
4. memberikan materi ajar yang sesuai dengan tingkatan kelas peserta didik
5. memberikan gambaran mengenai materi dan memberikan contoh implementasi dalam kehidupan sehari-hari
6. mengadakan penilaian terhadap pelaksanaan pengajaran, sejauh mana materi yang disampaikan bisa diterima oleh peserta didik
7. menyusun laporan perkembangan kegiatan belajar mengajar demikian contoh jobe description guru yang bisa dijadikan patokan.

Job description guru sebaiknya dijadikan sebagai pedoman dalam bekerja, yakni mendidik dan mengajar agar bisa mengetahui sejauh mana pekerjaannya sebagai seorang guru bisa memberikan transfer ilmu kepada peserta didik. Job desription guru ini juga bisa dijadikan patokan berhasil tidaknya guru menjalankan tugasnya.

Contoh Job Description Perusahaan


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.