Saturday, March 28, 2015

Perbedaan SOP Perusahaan Swasta Advertising dan Asuransi

Apakah anda sedang mencari program contoh SOP perusahaan swasta yang tepat? Penyusunan draft SOP bukan hanya sekedar implementasi struktur kerja dan prosedur untuk setiap bidang di perusahaan. Ini juga merupakan pedoman terarah yang bisa menjadi referensi tertulis bagi setiap divisi dalam melaksanakan kinerja yang mereka jalankan. Jika sebuah perusahaan telah membuat SOP secara lengkap maka ini dapat meminimalisir penyalah gunaan wewenang atau kecurangan dalam proses produksi karena semua telah berada pada SOP yang dibuat dan disepakati oleh semua karyawan. Aturan ini juga meliputi standar kerja,standar tunjangan,standar hak dan kewajiban dan juga banyak lagi aturan yang memudahkan perusahaan dalam mengatur pengelolaan karyawan. Setiap perusahaan swasta memiliki SOP yang meliputi ruang lingkup kerja di bidang yang digelutinya dan ini telah mendapat legitimasi yang sah dari setiap divisi di perusahaan tersebut.

Anda juga bisa melihat contoh SOP perusahaan advertising yang termasuk pada management perusahaan swasta. SOP perusahaan yang bergerak pada bidang periklanan tentu melibatkan divisi desain grafis yang memiliki tugas untuk membuat rancangan desain iklan yang tepat. Ini juga melibatkan struktur pemasaran yang memiliki standar operasional tertentu dalam mengembangkan proyek advertising yang dikelolanya. Ini akan memberikan referensi pada semua kalangan dalam menjalin kerjasama dengan pihak perusahaan untuk membuat sebuah iklan promosi yang bagus. Setiap divisi pada perusahaan periklanan akan bertanggung jawab dalam menyelesaikan berbagai proyek advertising yang ada. Ini tentu untuk pengembangan perusahaan. Para karyawan HRD, staf administrasi dan juga bagian lainnya memiliki wewenang dan alur kerja yang telah ditetapkan dengan tidak saling mengganggu beban kerja yang lainnya.

Ini tentu berbeda dengan contoh SOP perusahaan asuransi yang memiliki aturan yang jelas pada kesepakatan dengan para nasabahnya. Asuransi memiliki landasan hukum yang jelas pada aturan klaim dan yang lainnya. Inilah yang membedakannya dengan perusahaan lain. Struktur kerja pada perusahaan asuransi juga melibatkan divisi pemasaran yang harus efektif merangkul nasabah mereka agar bisa menjalin kerjasama secara memuaskan. SOP perusahaan memang dibuat bukan untuk kepentingan para nasabah namun setidaknya ini akan sangat berkaitan dengan efektifitas layanan asuransi jika semua divisi dan management menciptakan iklim kerja yang baik berdasar SOP yang dibuat. Ini terkait dengan system dan prosedur yang berlaku bagi intern karyawan namun ini dibuat dengan tujuan pengembangan layanan yang lebih baik pada para nasabahnya. Anda bisa memiliki sebuah pedoman yang tepat dan penyusunan SOP bahkan bisa dibuat dengan melihat referensi perusahaan lain dalam menyusun SOP. Kita bisa melakukan banyak perbaikan yang disesuaikan dengan kondisi perusahaan yang kita kelola. Dengan demikian ini akan banyak membantu. Bahkan anda bisa membuat aturan SOP sendiri dengan kapasitas karyawan yang ada dan berdasar kesepakatan semua pihak.

Contoh SOP Perusahaan Logistic yang lengkap


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.