Wednesday, April 1, 2015

Contoh SOP Perusahaan Jasa Transportasi untuk Acuan Kerja

Contoh SOP Perusahaan Jasa Transportasi untuk Acuan Kerja
Pemahaman mengenai standar operasional prosedur bagi tata laksana kerja sebuah perusahaan adalah pedoman yang dijadikan referensi bagi semua karyawan dalam menjalankan semua wewenang dan tanggung jawab mereka. Semua divisi harus mengacu pada sop tersebut dalam alur kerja yang mereka jalankan. Contoh sop perusahaan jasa transportasi yang memiliki beberapa format sop pada management perusahaannya karena pengelolaan perusahaan jasa ini melibatkan berbagai struktur atau bagian dalam pelaksanaan kerja yang dijalankannya. Untuk itu semua tanggung jawab harus dilaksanakan sebaik mungkin dan serapi mungkin karena ini akan sangat berpengaruh pada efektifitas kerja setiap karyawan serta pada peningkatan keuntungan. Desain sop pada perusahaan transportasi harus ditata dengan merujuk pada kepentingan kerja setiap divisi yang berkaitan dengan bidang kerja masing masing. Management perusahaan akan berjalan baik bila semua karyawan memiliki acuan yang sama dalam menjalankan kerja.

Format standar operasional prosedur yang disusun terdiri dari sop beberapa bagian kerja yang meliputi tugas,alur kerja,standard dan target kerja dan ini semua harus memiliki kaitan yang sangat erat dengan persetujuan para karyawan. Target atau prosedur yang terlalu tinggi atau terlalu berat juga akan membuat karyawan merasa dalam tekanan sehingga kinerja mereka kurang maksimal. Sop yang disusun harus mewakili kepentingan karyawan dan juga perusahaan yang dituangkan secara lugas dan jelas sehingga semua karyawan dapat memahami bahasa atau narasi yang tertuang dalam sop tersebut. Desain sop ini juga terkadang memiliki format berbentuk bagan untuk menjelaskan mengenai tata laksana tanggung jawab serta kendali administrasi perusahaan. Ini yang kita lihat pada contoh sop perusahaan jasa pdf yang bisa memilih format sop dalam desain bagan yang ringkas dan lebih praktis. Dengan demikian setiap karyawan akan melihat format sop ini lebih menyeluruh.

Berbeda dengan contoh sop perusahaan travel yang memiliki desain sop secara lebih khusus. Perusahaan travel merupakan bagian dari perusahaan jasa transportasi namun area kerja dan tujuan yang dimiliki perusahaan ini lebih tertuju pada satu ruang lingkup yang merupakan biro jasa perjalanan atau agen dan tidak memiliki ijin trayek pada skup yang global sehingga sop pada tata laksana kerja para karyawan pun cenderung lebih sederhana. Kepentingan perusahaan merupakan hal yang diutamakan pada setiap prosedur kerja yang dijalankan namun kita juga tidak boleh mengabaikan aspek pendapat yang mungkin dimiliki oleh karyawan. Oleh karena itu ada baiknya anda menyusun sop perusahaan dengan masukan dari karyawan menyangkut bidang kerja yang meeka jalankan. Masukan ini akan jadi pertimbangan dalam peningkatan kinerja karyawan yang dituangkan pada format sop ini. Musyawarah dan mufakat dalam penyusunan sop adalah ide yang bagus untuk kepentingan semua pihak dan menciptakan iklim yang kondusif dilingkungan kerja.

Contoh SOP Perusahaan Logistic yang lengkap


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.