Tuesday, April 7, 2015

Contoh SOP Perusahaan Makanan yang berkualitas

Contoh SOP Perusahaan Makanan
Desain Standard Operating Procedure (SOP) sebuah perusahaan makanan adalah sebuah struktur pengelolaan yang dapat memberikan rekomendasi tentang target operasional kerja yang harus dijalankan setiap karyawan di lingkungan perusahaan tersebut. Para karyawan harus memiliki sebuah target untuk menjalankan alur kerja sesuai dengan SOP yang telah disusun perusahaan. Contoh SOP perusahaan makanan bisa dibuat dengan cara yang sangat rapi dan penuh ketelitian dengan disertai kepentingan administrasi yang tepat. Perusahaan makanan yang telah memiliki reputasi baik dan berskala nasional harus memiliki format SOP yang rapi dan lengkap pada setiap divisi yang terdapat di perusahaan. Ini dimaksudkan untuk menghindari kekecewaan pada proses produksi dan menjaga kualitas makanan yang dproduksi. Sebuah perusahaan makanan juga memiliki jalur penyusunan SOP yang mengarah pada status perijinan dan standar keamanan makanan yang diproduksi dan ini tertuang pada SOP tersendiri.

Setiap produk makanan yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan tentu melalui berbagai tahap uji coba yang mana inipun harus disesuaikan dengan standar prosedur yang berlaku. Contoh SOP perusahaan makanan menjadi salah satu bagian administrasi yang dikelola dengan management yang menyeluruh. Setiap karyawan dalam perusahaan makanan juga akan bertanggung jawab terhadap kinerja produksi serta perawatan mesin dan peralatan lainnya yang berkaitan dengan proses produksi. Begitu juga sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang distribusi makanan maka Standard Operating Procedure (SOP) yang disusun juga berkaitan dengan jalur distribusi produk yang harus dikelola dengan sangat baik. Ini berhubungan dengan wilayah kerja bagian pemasaran yang memiliki SOP untuk dijalankan secara tepat. Masing masing bagian saling berpengaruh satu sama lain untuk menunjang produkifitas perusahaan yang lebih optimal. Perusahaan makanan harus mendapat ijin resmi terlebih dahulu untuk memasarkan produk mereka dengan baik dan untuk itu SOP yang disusun harus sesuai dengan kepentingan tersebut.

Perusahaan makanan juga akan melakukan kerjasama dengan perusahaan lain mengenai penyediaan bahan baku dan alur masuk produk yang baik. Ini dibuat lagi dalam contoh SOP perusahaan makanan yang berkaitan dengan divisi produksi. Pengelolaan bahan makanan ini harus dicermati oleh bagian khusus yang mana mereka memiliki tanggung jawab untuk memeriksa status keamanan bahan makanan untuk kelancaran proses produksi yang dijalankan perusahaan. Kapasitas tanggung jawab ini diberikan tentu dengan berbagai ketentuan yang telah diterapkan pada desain SOP. Para pemeriksa dan penguji akan memeriksa kadar keamanan bahan makanan yang akan dipergunakan. Singkatnya semua bagian dalam perusahaan makanan memiliki standar operasional prosedur kerja yang jelas yang akan membuat pihak perusahaan dapat melakukan quality control dengan baik. Ini semua tentu bertujuan untuk menjaga hasil produksi yang baik dan berkualitas serta kesejahtearan karyawan yang dapat dipertanggung jawabkan pada semua aspek sesuai dengan prosedur yang terdapat pada Standard Operating Procedure (SOP).

Contoh SOP Perusahaan Logistic yang lengkap


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.