Tuesday, April 7, 2015

Contoh SOP Perusahaan Migas dalam Tata Kelola

Contoh SOP Perusahaan Migas dalam Tata Kelola
Penyusunan standar operasional prosedur yang berlaku pada sebuah perusahaan besar tentu akan melibatkan banyak elemen untuk membuat format yang tepat dan terpadu, termasuk dalam penyusunan contoh sop perusahaan migas. Perusahaan ini merupakan jenis perusahaan besar dan internasional karena memiliki kaitan langsung dengan pengadaan alur migas di dalam negeri dan juga ke uar negeri. Standar produksi minyak dan gas tentu juga akan dipengaruhi oleh perubahan tata kelola migas yang dibuat pemerintah sehingga sop pada produksi minyak dan gas ini akan cenderung merujuk pada kebijakan pemerintah. Tata kelola migas merupakan sebiuah elemen penting yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Pengelolaannya harus tepat sesuai dengan prosedur yang berlaku serta tidak menyertakan banyak kepentingan didalamnya karena sistem tata kelola migas yang kini diberlakukan terus diawasi oleh negara dan juga pihak swasta agar tidak terjadi hal hal merugikan yang biasanya ditunggangi oleh kepentingan mafia migas.

Pemberlakuan contoh sop perusahaan migas ini juga bisa dibuat dengan kesepakatan intern perusahaan. Ada jenis perusahaan migas yang beroperasi pada bidang produksi yang meliputi penambangan minyak dan gas dan juga proses pengolahan minyak mentah namun ada juga perusahaan migas yang bergerak pada bidang distribusi minyak dan gas. Kedua alur kerja ini telah memiliki sop yang lengkap mengenai tata laksana kerja yang lebih prosedural. Sorotan masyarakat terhadap tata kelola migas semakin tajam seiring dengan kebijakan pemerintah yang menaikkan tarif bahan bakar minyak bersubsidi. Oleh karena itu perusahaan migas harus memiliki nilai pengawasan yang ketat untuk pengembangan produksi yang lebih berkualitas. Kendala dari pemberlakuan sop di sektor migas adalah karena para karyawan di sektor migas merupakan operasional para ahli pertambangan yang memiliki kontribusi cukup aktif dalam ikut menyusun sop yang ada. Mereka memiliki berbagai alasan untuk membuat rekomendasi tentang penyusunan sop yang sesuai dengan bidang kerja mereka.

Peningkatan produksi dan distribusi pada sektor migas juga ditentukan oleh perkembangan harga minyak dunia. Ini berarti perusahaan migas memiliki hubungan langsung dengan sektor industri lainnya yang memerlukan penyediaan migas pada aspek produksinya. Harga minyak dunia yang fluktuatif juga akan mempengaruhi tingkat produksi minyak. Contoh sop perusahaan migas harus tepat dengan tata kelola migas dan juga alur kerja yang berlaku di perusahaan ini. Jangan sampai para karyawan di sebuah perusahaan migas menjalankan kinerja yang kurang tepat dan tidak sesuai dengan sop yang ada yang pada akhirnya akan menimbulkan kecurigaan di masyarakat. Bukan tidak mungkin elemen desain sop ini dipengaruhi kepentingan kepentingan tertentu yang berhubungan dengan produkstifitas minyak dan gas namun dengan format yang sesuai dan juga lengkap maka tekanan tersebut bisa diantisipasi dengan baik.

Contoh SOP Perusahaan Logistic yang lengkap


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.