Saturday, April 4, 2015

Penilaian Kinerja Karyawan

Penilaian Kinerja Karyawan
Penilaian karyawan pada dasarnya adalah pengukuran atas kinerja dari setiap karyawan yang berkaitan dengan tingkat produktifitas dan efektifitas kerja. Penilaian karyawan bermanfaat untuk meningkatkan etos kerja dan peningkatan produktifitas organisasi perusahaan. Pada perusahaan yang berorientasi profit, penilaian karyawan diarahkan kepada upaya penempatan karyawan yg tepat dengan jabatan yg tepat pula atau “The right man on the right place”

Penilaian kinerja karyawan yang memenuhi standar the right man on the right place harus memperhatikan proses rekrutmen, jenjang karir, dan kesesuaian bidang pekerjaan. Beberapa metode penilian kinerja karyawan yang sering digunakan antara lain: pertama - Latihan simulasi yang terdiri dari case analysis, Intray, group discussion dan presentation. Kedua – Tes Psikometri untuk mengukur psikologis karyawan. Ketiga – Interview based Competency yaitu teknik wawancara yang terstuktur untuk menggali informasi secara mendalam tentang kemampuan dan kompetensi karyawan. Dan setiap teknik penilaian harus menggunakan formulir atau kertas kerja penilaian yang telah disiapkan. Anda bisa dapatkan contoh formulir-formulir panduan penilain karyawan di sini.

Sedangkan KPI (Key Performance Indicator) merupakan indikator yang digunakan untuk memonitor tingkat pencapaian tingkat kinerja dari suatu perusahaan berdasarkan visi dan misi perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Kriteria KPI harus memenuhi matrix sebagai berikut:
1. Menetapkan adanya target yang akan dicapai, serta waktu yang diperlukan guna tercapainya target tersebut.
2. Berorientasi pada hasil nyata, yang bukan sekedar output saja.
3. Memiliki ambang batas (threshold), guna membedakan antara nilai target dengan nilai aktual

Sebelum merumuskan dan menetapkan KPI perusahaan perlu melakukan beberapa persiapan diantaranya menetapkan terlebih dahulu tujuan yang hendak diraih, menetapkan proses bisnis yang sudah terdefinisi dengan jelas, dan tetapkan tolok ukur kuanitatif dan kualitatif sesuai tujuan yang hendak dicapai. Dapatkan contoh-contoh formulir KPI di sini.

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.