Saturday, January 14, 2017

USAHA KONVENSIONAL VS USAHA BERSISTEM

Bagaimana Bisnis Autopilot dibangun?

Ibarat dua pedagang  air. Keduanya mengambil dari sumber air yang sama yaitu jauh di bukit.

Katakan namanya si A dan si B. Si A mengambil air dari bukit dengan menggunakan ember yang dipikul, jauh dari bukit turun ke desa tempat Depo air yang dia punya. Setiap air yang dia bawah turun selalu laku dan tidak tersisa. Maka sebentar saja dia mengumpulkan banyak uang.

Sedangkan si B mempunyai cara yang berbeda dengan si B, dia tidak langsung ambil air akan tetapi membeli pipa dan alat untuk membuat saluran pipa yang menghubungkan sumber air ke penampungan air di depo yang dia bangun. Berbeda dengan si A yang dari awal kerja sudah bisa menghasilkan uang, sedangkan si B tidak omzet sama sekali karena tidak ada air yang dia dapatkan. Si B hanya focus bikin saluran air.

Enam bulan kemudian, apa yang terjadi?
Si A tetap menjalankan rutinitas dari pagi hari sampai sore hari memikul air dari bukit turun ke desa untuk dijual. 

Sedangkan si B saluran airnya sudah selesai 3 bulan yang lalu dan air siap ditampung dan dijual ke penduduk desa. Sejak itu si B dengan mudah mendapatkan air, cukup buka kran tidak perlu pikul ember naik turun bukit. Pelanggan lebih suka dengan air si B karena lebih bersih dan terjamin pasokan airnya. Maka pundi-pundi uang mulai memenuhi tabungan si B.

Apa yang terjadi dengan si A, badannya semakin lemah tenaganya tidak sekuat dulu. Air yang dia dapatkan tidak sebanyak pada awal usaha dan pelanggan mulai berkurang pindah ke B. Mulai sakit-sakitan dan tabungan dari jerih payah usahanya mulai terkuras habis.

Nah… Si A adalah gambaran pengusaha yang menjalankan usaha tanpa Sistem. Sedangkan B adalah pengusaha yang menjalankan dengan Sistem / Usaha Autopilot.

Bagaimana dengan Anda? Mau pilih nasib seperti A atau B?
Maka Autopilotkan usaha Anda!

*
Jangan lupa like dan join:
FP: Contoh SOP Perusahaan & Job Descriptions
Website: www.contohsop.com
Twitter: @contohsop
*
#bisnisAutopilot
#sadarSOP
Konsultan SOP
5Sen Media Konsultama
Alim Mahdi

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Dapatkan kumpulan Contoh SOP, dan JobDesc. Tersedia juga KPI dan Peraturan Perusahaan Lengkap sesuai UU Tenaga Kerja.

Tersedia juga SOP HRD, SOP Marketing, SOP Resto, SOP Keuangan, Dll.