Wednesday, February 1, 2017

ANDA SUPERMAN ATAU SUPERWOMEN DALAM BISNIS ANDA

Ilustrasi berikut tidak cocok untuk yang masih berstatus karyawan. Mari kita renungi curhatan seorang pengusaha, sebagai ilustrasi bagi yang sedang menjalankan bisnis.

ILUSTRASI
Gimana saya bisa tinggalkan bisnis saya? Gimana saya bisa jalan-jalan dan bisa meluangkan waktu untuk keluarga? Dan bagaimana saya bisa melihat peluang binis baru dan lainnya?
Bagaimana bisa Autopilot dan bisnis bisa saya tinggalkan?
Sedangkan bisnis saya sekarang systemnya masih berantakan, tim masih kacau dan saya belum bisa meninggalkan pekerjaan bisnis saya!

BUSINESS FLOW
Mari pelan – pelan Anda perhatikan dan evaluasi Business Flow Anda. Sederhananya secara umum setiap bisnis mempunyai flow (alur) dalam jalannya usaha yaitu :  MARKETING – SALES – OPERATION – FINANCIAL.

1. MARKETING: Pemasar yang jago mendatangkan Calon Pelanggan bagi usaha Anda.
2. SALES:  Penjual handal yang mampu membuat Calon Pelanggan menjadi Pelanggan.
3. OPERATION: Tim yang menjalankan operasional perusahaan dengan baik dan memuaskan Pelanggan.
4. FINANCIAL: Perencanaan dan pengelolaan keuangan untuk memastikan Bisnis Anda benar-benar profitable dan tumbuh berkembang.

Ibarat meja, keempat flow tersebut adalah kaki yang menopang meja bisnis Anda. Maka jika Bisnis Anda belum Autopilot, bisa dipastikan ke 4 Business flow tersebut Anda sendiri yang mengerjakannya, atau minimal masih melibatkan Anda.

LANGKAH SEDERHANA:
Langkah sederhana untuk menyusun Sistem dan Bisnis Autopilot adalah dengan membuat Team untuk bisnis Anda.
1.Perhatikan mulai dari pekerjaan rutin, pekerjaan rutin memutuhkan 2 (dua) jenis skill yaitu Low Skill dan High Skill.
2.Delegegasikan pekerjaan Anda pada pekerjaan rutinitas yang Low Skill. Langka ini memudahkan pendelegasian karena Low Skill tidak membutuhkan Skill atau kemampuan yang tinggi dan sulit.
3.Pilih karyawan yang mempunyai skil yang paling mampu diantara karyawan Anda.
4.Dan bantu dengan memberikan training untuk meningkatkan kemampuan skillnya. Tidak sekedar memberi informasi tapi step by step untuk melatih dan meningkatan kemampuan Skill karyawan Anda. Owner harus sabar melihat prestasi karyawan.
5.Mengotimalkan Team mulai dari rekrutmen, selection, training, monitoring, control, reward dan punishing sehingga benar-benar team bisa dilepas dan usaha berjalan secara autopilot.
Tidak mudah, tapi bisa dilakukan! Yang penting semangat tidak boleh menyerah!

KENAPA TIDAK BISA AUTOPILOT?
Mau, tapi bukannya tidak mau tapi tidak bisa!
Anda bilang, kenapa Bisnis Anda tidak bisa Autopilot, Karena Bisnis Anda unik, tidak ada yang bisa melakukan, semua Anda dan semua Anda yang mengerjakan.
Karena jangan-jangan Anda menjadi SUPERMAN atau SUPERWOMEN dalam bisnis Anda sendiri?

Karena Anda yang menjadi kaki atas meja bisnis Anda. Ketika Anda tinggal sebentar saja mejanya turun dan berantakan.

Anda tukar hidup Anda untuk pegangi meja bisnis Anda. Coba bayangkan sungguh ironis dan tragis, Anda tukar waktu berharga dengan keluarga Anda, waktu golden moment tidak bisa dinikmati.
Anda bilang Anda kerja keras membangun bisnis untuk keluarga Anda, Kerja keras untuk keluarga Anda akan tetapi ironis keluarga Anda tidak begitu mengenal Anda.
Anda tidak punya cukup waktu untuk bersama mereka, untuk diri sendiri, Anda hampir tidak punya kehidupan demi bisnis.

MAU SAMPAI KAPAN?
Anda harus mengatur bisnis Anda biar memberikan hidup yang berkualitas, jangan biarkan bisnis Anda justru mengatur hidup Anda, sedangkan usia Anda semakin tua.
Ayo bangun kaki meja bisnis Anda. biar bisnis semakin profitable dan autopilot, bisnis bisa berjalan sendiri Anda bisa jalan-jalan.  Anda punya banyak waktu dan punya banyak uang.

Nah loh!
Salam sukses,
By 5Sen Media Konsultama
*Akh Alim Mahdi*
Konsultan SOP
www.contohsop.com

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Konsultan 5SEN MEDIA KONSULTAMA melayani :
1. Penyusunan SOP perusahaan Anda
2. Melayani In House Training dan Public Training.

Profile Kami bisa dilihat di : www.mastersop.com
HP/WA: 0812 3966 2099