Thursday, February 2, 2017

HAMBATAN DALAM PENERAPAN SOP

Standard Operating Procedure (SOP) dibuat untuk memberikan kemudahan dan keuntungan bagi perusahaan dan karyawan. Namun dalam praktik penerapannya, sering kali tidak sesuai dengan harapan.

Apalagi pada perusahaan yang sudah berjalan lama biasanya penerapan SOP dianggap membatasi ruang gerak Perusahaan. Adapun hambatan-hambatan tersebut antara lain:

1. Hambatan Manajerial
Hambatan ini bisa terjadi karena gaya manajemen organisasi yang birokratis dan feodal, struktur organisasi dengan lapisan yang terlalu banyak. Dan budaya komunikasi perusahaan yang tidak baik.

2. Hambatan Operasional
Hambatan ini terjadi karena perusahaan baru didirikan atau karakteristik bisnis atau produk yang berubah-rubah karena sangat tergantung dengan kepentingan pelanggan.

3. Hambatan Personal
Hambatan ini muncul dari individu ataupun kelompok tertentu dalam sebuah perusahaan. Faktor yang melatarbelangi antara lain karena personal yang bersangkutan tidak memiliki kemampuan untuk mengikuti perubahan, tidak memiliki motivasi untuk berkembang atau berubah dan Adanya kepentingan pribadi supaya SOP tidak diberlakukan.

Salam sukses,
By 5Sen Media Konsultama
Akh Alim Mahdi
Konsultan SOP
www.contohsop.com

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Konsultan 5SEN MEDIA KONSULTAMA melayani :
1. Penyusunan SOP perusahaan Anda
2. Melayani In House Training dan Public Training.

Profile Kami bisa dilihat di : www.mastersop.com
HP/WA: 0812 3966 2099